Cara memasang anti gores yang benar

cara memasang anti gores dengan rapi

Walaupun smartphone kesayangan telah dilindungi dengan jenis kaca yang cukup tinggi, seperti Corning Gorilla glass 2, 3 atau bahkan 4, tidak ada satupun pengguna yang ingin mengambil resiko dengan tidak menambah lapisannya kembali. Beragam pilihan pelindung pun hadir di pasaran, termasuk di dalamnya adalah anti gores dan juga tempered glass.

Para pengguna smartphone pun tak sungkan untuk mengeluarkan kocek, mulai dari 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Sayangnya, beberapa toko menambahkan lagi harga tersebut dengan embel-embel “biaya pemasangan”, yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Pasalnya kamu bisa memasangnya sendiri.

Gambar milik pribadi

Pemasangan tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus menyiapkan beberapa alat untuk menyempurnakan hasil dari pemasangan anti gores atau tempered glass tersebut. Alat-alat yang dibutuhkan pun tak mahal, bahkan mungkin ada di setiap rumah, termasuk rumah kamu sendiri.

Beruntung kami mendapatkan bonus anti gores langsung di dalam kotak Advan G1. Dengan demikian kami bisa membeberkan cara pemasangan anti gores kepada kamu, yang juga bisa diimplementasikan saat memasang tempered glass. Lalu, bagaimana cara memasang tempered glass dan anti gores yang benar? Berikut penjabarannya.

Alat-alat yang Dibutuhkan

Gambar milik pribadi

Sebelum memulai ritual memasang anti gores atau tempered glass, kamu wajib menyiapkan alat-alat pendukungnya. Adapun barisan alat yang kamu butuhkan adalah:

  • Anti Gores atau Tempered Glass
  • Dua buah facial tissue atau tissue wajah
  • Kain berbahan microfiber
  • Alcohol (bisa juga diganti dengan minyak angin atau minyak atsiri)

Hampir seluruh bahan diatas, kecuali anti gores dan tempered glass, bisa kamu temukan di dalam rumah. Dengan demikian, kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Setelah semuanya ada, kini kita mulai ritual yang cukup menegangkan tersebut.

Tahapan Sebelum Memasang Anti Gores atau Tempered Glass

Gambar milik pribadi

Pertama-pertama, bersihkan layar dari smartphone dengan menggunakan kain microfiber. Pastikan tidak ada debu yang terlihat pada permukaan layar. Selanjutnya, tuangkan sedikit saja alcohol atau minyak angin (minyak atsiri) ke permukaan layar.

cara mudah pasang screen guard

Jika sudah, maka kini ambilah satu facial tissue atau tissue wajah, dan usapkan alcohol ke layar secara menyeluruh. Saat alcohol telah dirasa menyebar dengan sempurna, keringkanlah dengan menggunakan sisa facial tissue satunya. Pastikan, alcohol benar-benar hilang. Saat sudah dirasa hilang, usapkan kembali layar dengan menggunakan kain microfiber, untuk memastikan layar bersih.

Ini perbedaan anti gores asli dan palsu

Kini saat untuk memulai langkah pemasangan anti gores atau tempered glass. Pada kedua benda tersebut, biasanya diapit oleh dua pelapis tambahan, yang diberi tanda 1 dan 2. Pelapis pertama ditempelkan pada sisi yang harus menempel pada layar, sedangkan pelapis kedua adalah sisi yang menghadap kearah luar.

Memasang Anti Gores

anti gores
Gambar milik pribadi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas pelapis pertama. Kalau sudah, maka mulailah menempelkan anti gores dari bagia atas, yang disesuaikan dengan lubang-lubang yang tersedia. Lubang-lubang tersebut biasanya disesuaikan dengan ukuran micro-speaker, kamera selfie, dan sensor. Pastikan pemasangan tersebut secara pas.

cara copot anti gores
Gambar milik pribadi

Bila bagian atas telah menempel, kini saatnya mulai menempelkan seluruh bagian yang dimulai dari atas ke bawah. Pastikan pula anti gores berada pada posisi sejajar, selaras dengan layar ponsel. Jangan takut bila kamu banyak menemukan gelembung, kamu bisa menghilangkannya dengan mengusapkan kain microfiber ke layar sedikit kuat. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka seluruh gelembung sudah pasti akan hilang.

tempered glass
Gambar milik pribadi

Saat pemasangan dirasa sudah selesai, kini saatnya untuk melepas lapisan kedua. Setelah terlepas, usapkan kembali layar dengan kain microfiber. Voila, anti gores telah terpasang.

Memasang Tempered Glass

Secara keseluruhan, memasang tempered glass hampir serupa dengan anti gores. Bedanya adalah, kamu wajib menempelkan bagian tengah tempered glass ke bagian layar smartphone terlebih dahulu. Pastikan pula, tempered glass berada pada posisi yang benar-benar tepat. Caranya adalah dengan mensejajarkan lubang dan micro-speaker secara perlahan.

Jika sudah, tekanlah bagian tengahnya, dan tempered glass akan mulai menempel secara otomatis. Bila ditemukan gelembung, maka kini saatnya untuk microfiber bekerja dengan mengusapkannya secara kuat ke layar. Jangan lupa untuk melepas lapisan kedua yang ada di sana.

Kesempurnaan dalam memasang anti gores atau tempered glass tergantung dari masing-masing ketelatenans serta ketelitian kamu. Kunci utamanya adalah pelan-pelan, tidak tergesa-gesa, dan sabar. Jadi, tidak perlu bayar orang jika kamu bisa mempelajarinya sendiri. Semangaaat!

Tags: #Anti Gores #Tempered Glass

author
Author: 
    Ini perbedaan anti gores asli dan palsu
    Ini perbedaan anti gores asli dan palsu
    Ini perbedaan anti gores asli dan palsu
    Must read×

    Top