Essential Phone Menyimpan Banyak Masalah! Apa Saja?

Essential Phone merupakan perangkat yang pada awal tahun ini sering disebut-sebut sebagai iPhone Killer. Tak heran, disaat perangkat tersebut resmi diluncurkan di bulan Agustus ini, banyak orang yang berbondon-bondong untuk segera memiliki.

Namun, pil pahit harus ditelan oleh para pengguna Essential Phone. Pasalnya, perangkat tersebut menyimpan banyak masalah. Bahkan, perangkat yang dibuat oleh Pendiri Android, Andy Rubin ini masih jauh untuk dikatakan sebagai perangkat sempurna.

Apa saja masalah yang disimpan di dalam Essential Phone? Kami telah merangkumnya untuk kamu pada artikel ini.

Kamera yang Buruk

Essential Phone Menyimpan Banyak Masalah! Apa Saja?
AndroidPIT
Kamera merupakan patokan pertama dalam menilai baik atau buruknya sebuah smartphone. Dan nyatanya, Essential Phone merupakan perangkat yang dibekali dengan kamera yang sangat buruk, terlebih jika harus dibandingkan dengan perangkat sekelas.

Kamera dari perangkat tersebut terbilang sulit untuk mencari titik fokus, dengan waktu pencarian yang sangat lama. Belum lagi detail serta perpaduan warna yang hadir di dalam foto yang dilahirkan dari lensa utama cukup mengecewakan.

Untuk bagian kamera depan, perangkat ini hanya mampu menghasilkan foto yang sekelas dengan perangkat menengah. Sehingga perangkat ini sangat tidak direkomendasikan bagi mereka penggila selfie.

Fingerprint yang Seringkali Tidak Bekerja
The Verge
Dengan predikat perangkat premium, tentu Essential Phone telah dibekali dengan pemindai jari. Sayangnya, pemindai jari dari perangkat ini seringkali tidak bekerja. Hal tersebut bisa digambarkan layaknya perangkat berpemindai jari yang telah bekerja selama 2 tahun.

Tentu hal itu cukup menyulitkan. Karena disaat pemindai jari tidak bekerja, maka pengguna diwajibkan untuk mengetikan password atau menggambarkan pola pattern yang telah dibuatnya.

Pengguna Dihantui Serangan Phishing
Guiding Tech
Phishing merupakan aktifitas percobaan para penjahat dunia maya untuk melanjutkan serangan yang lebih berbahaya kepada korbannya. Biasanya serangan phishing diluncurkan untuk meraih beberapa hal yang sensitif, seperti username, password, dan nomor kartu kredit yang tersimpan secara digital di dalam perangkat.

Nah, para pengguna Essential Phone, yang berjumlah sekitar 70 orang melaporkan jika mereka dihantui oleh serangan phishin, terutama dari email. Email yang mereka terima biasanya digambarkan dari pihak essential secara langsung. Padahal, vendor lain terbilang jarang menerima email secara langsung dari brand smartphone yang mereka beli produknya.

Bahkan parahnya, beberapa diantara pengguna yang mengeluhkan hal tersebut mengaku telah mengalami pencurian informasi pribadi.

Menanggapi hal tersebut, Andy Rubin mengatakan jika saat ini pihaknya masih terus menangani hal tersebut. Dan, mereka terus berinvestasi dalam meningkatkan infrastruktur yang menjaga keamanan pengguna.

Pihaknya pun mengingatkan, jika pengguna Essential Phone menerima email yang mengatasnamakan Essential, maka diharapkan untuk tidak membukanya atau bahkan membalasnya.

Harga yang Kemahalan
GoAndroid
Dengan rentetan masalah tersebut, harga dari Essential Phone yang senilai $699 atau sekitar Rp 9,3 jutaan tersebut dinilai terlalu mahal. Bahkan beberapa pakar menilai perangkat tersebut tidak pantas untuk dimiliki jika dijual dengan harga lebih dari $300 atau sekitar Rp 4 jutaan.

Beberapa pakar lainnya menambahkan, harga yang sewajarnya bagi mereka yang hendak memiliki Essential Phone adalah $255 atau sekitar Rp 3,4 jutaan. Mengingat perangkat ini dibekali dengan layar yang menakjubkan, nampaknya Essential hanya menarik bagi mereka yang ingin terlihat tampil beda.

Kesimpulan
NDTV
Well, setiap perangkat yang menjadi perangkat pertama dari sebuah perusahaan tentu belum sempurna. Hal itupun dialami oleh Apple, Samsung, LG dan beragam brand smartphone yang lainnya.

Dengan demikian, nampaknya Essential baru akan sempurna untuk dimiliki hingga versi ketiganya keluar. Mari kita tunggu kelanjutan dari brand besutan pendiri Android tersebut.

Tags: #Essential

author
Author: 
    Sering diejek karena Pakai Android? Balesnya Gini
    Sering diejek karena Pakai Android? Balesnya Gini
    Beragam jenis smartphone yang ada di pasaran,
    Mahal Bukan Berarti Bagus, Tips Untuk Membeli Smartphone Baru
    Mahal Bukan Berarti Bagus, Tips Untuk Membeli Smartphone Baru
    Kebanyakan orang memang senang dengan smartphone dengan
    Asus Zenfone AR dengan Teknologi Google Tango
    Asus Zenfone AR dengan Teknologi Google Tango
    Stafaband – Smartphone berkapasitas RAM sebesar 8
    Cara Mudah Meringankan Kinerja RAM di Android tanpa Aplikasi
    Cara Mudah Meringankan Kinerja RAM di Android tanpa Aplikasi
    Android kamu makan RAM?? Seperti yang kita
    Must read×

    Top